Forum Komunikasi Mahasiswa Islam

               Program Diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan salah satu Program Diploma di Undip yang memiliki mahasiswa cukup banyak dengan tujuh jurusan yang ada. Mahasiswa Prodi III FT Undip dikenal sebagai barisan mahasiswa yang senantiasa punya minat besar dalam bidang akademis. Namun tidak berarti mereka menutup diri dalam upaya menggali potensi yang ada dalam diri mereka, terutama dalam mengembangkan soft skill. Tidak disangka, ternyata mereka yang memiliki semangat untuk menggali potensi diri adalah mereka yang sebagian besarnya beragama Islam. Hal inilah yang kemudian menjadi titik tolak lahirnya suatu lembaga yang menjadi wadah untuk menggali seluruh potensi mereka. Suatu lembaga yang mencerminkan karakter pemuda-pemudi Islam yang mencoba memberikan nuansa baru dengan beragam aktifitas kemahasiswaan bernuansa Islam yang ditawarkan, seperti Peringatan Hari Besar Islam (PHBI); kajian-kajian ilmiah bertemakan Islam melalui seminar, sarasehan, bedah buku, bazar buku dan souvenir Islam; pengembangan seni Islami melalui lintas budaya Islam, Bimbingan Baca Qur’an, serta masih banyak lainnya.
Kerangka umum aktifitas kegiatan kemahasiswaan di atas adalah untuk menguatkan moral pada berbagai fungsi kehidupan dan membangun iklim ukhuwah Islamiyah di kalangan mahasiswa muslim D3 teknik Undip.
Dengan beragamnya aktifitas kemahasiswaan bernuansa Islam membuat pengorganisasiannya pun beragam. Pada awalnya, kegiatan keIslaman di tingkat fakultas -tentunya mencakup D3- dipegang oleh FSMM (sekarang IZZATI -red.) sebagai Biro Kerohanian dari BEM Fakultas Teknik (FT) Undip.
Proses kaderisasi yang berbeda dengan yang ditawarkan oleh FSMM (kaderisasi 4 tahunan) membuat aktifis rohis D3 pada waktu itu mencoba membentuk lembaga independen, meski statusnya masih menjadi Badan Semi Otonom (BSO) FSMM. Maka pada tahun 1995 resmi didirikan FKMI (Forum Komunikasi Mahasiswa Islam) dengan pendirinya antara lain:
-Rubiyanto           - Sulis Lestari Utami             - Sulistyarini
Tujuan dari pendirian FKMI adalah untuk mengoptimalisasikan dan memberdayakan mahasiswa muslim D3 melalui wadah yang dapat menaungi beraneka ragam aktifitas serta berupaya menguatkan nilai moral pada berbagai fungsi kehidupan dan untuk mengembangkan dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah sebagai sarana integrasi mahasiswa muslim.
Sejak pendiriannya tersebut, FKMI telah mengalami 15 periode kepengurusan (tahun 1995 s.d. 1997 masih bergabung dengan FSMM sehingga belum ada Ketua Umum) di bawah pimpinan Ketua Umum antara lain:


NO
PERIODE
NAMA
JURUSAN
1
1997-1998
Isnaini
Teknik Kimia 1996
2
1998-1999
Zulfa
Teknik Kimia 1997
3
1999-2000
Firdaus
Teknik Kimia 1998
4
2000-2001
Edi
Teknik Kimia 1999
5
2001-2002
Sulistyo Wahyudi
Teknik Sipil 2000
6
2002-2003
Wahyu Banu Aji
Teknik Sipil 2001
7
2003-2004
Abdul Malik Maulana
Teknik Kimia 2002
8
2004-2005
Randy Arya Sanjaya
Teknik Kimia 2003
9
2005-2006
Khumaeni
Teknik Perkapalan 2004
10
2006-2007
Muhammad Burhanudin
Teknik Kimia 2005
11
2007-2008
Yuliyanto Agung
Teknik Elektro 2006
12
2008-2009
Yuniar Dwi Cahyadi
Teknik Elektro 2007
13
2009-2010
Luthfi Gunawan
Teknik Mesin 2008
14
2010-2011
Hendratno Catur Nugroho
Teknik Sipil 2009
15
2011-2012
Rio Utomo
Teknik Mesin 
2010
16
2012-2013
Dinario Reza Pradana
Teknik Sipil 2011


Pada periode pertama, hal yang lebih diutamakan adalah eksistensi FKMI, memberitahukan kepada publik bahwa sudah ada organisasi Islam di D3 teknik Undip. Pada periode ini yang dilakukan pada saat itu adalah membentuk jati diri dan memperjelas tujuan umum FKMI.
Pada periode kedua, departemen FKMI lebih difungsikan dan dirapikan, mulai membuat program-program dan mengenalkannya kepada mahasiswa D3, mengumumkan FKMI for all muslim dengan kegiatan-kegiatan keIslaman yang diselenggarakan.
Pada periode ketiga, mencoba untuk lebih mengakar ke mahasiswa D3, memperbaiki koordinasi, integrasi, dan kerjasama. Mulai banyak kegiatan-kegiatan besar diselenggarakan, seperti dalam menyambut Ramadhan atau dalam rangka menyambut bulan Muharrom (tahun baru Hijriyah).
****


SELAYANG PANDANG
Dakwah, dengan atau tanpa kita akanlah tetapberjalan. Makadari itu, beruntunglah kita yang masih diberi kesempatan, berjalan beriringan dalam rangka memperbaiki diri,saling bernasehat, sehingga terpilih menjadi orang-orang yang senantiasa berjuang demi tegaknya Dien ini.

FKMI, wasilah bagi mahasiswa  untuk mempelajari dan mensyi’arkan Islam yang merupakan salah satu lembaga keagamaan Islam (rohis) yang berada di D3 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

KADERISASI
Departemen ini memegang peranan penting, karena bertindak sebagai ujung tombak berjalannya suatu organisasi. Tujuan dari departmen ini adalah untuk membentuk generasi da’wah yang bertsaqofah Islamiyah, syamil, profesional dan berkomitmen dengan da’wah pada kampus dan  masyarakat luas.

SYI’AR
Menjadikan masyarakat lingkungan kampus DIII Teknik Undip memiliki pemahaman dan wawasan Islam yang lebih mendalam dengan pengangkatan issue-issue yang sedang merebak dalam dunia Islam atau permasalahan – permasalahan yang terjadi yang dapat menjadi renungan dan dapat dipecahkan secara Islami kajian-kajian Islami, dan berbagai macam program dari departemen syi’ar yang dimaksudkan untuk mengubah pola pikir masyarakat lingkungan kampus DIII Teknik Undip menjadi lebih religious dengan mencintai Islam, mengenal aturan-aturan Islam dan segala permasalahannya sehingga dapat melaksanakan setiap perbuatan secara Islami sesuai dengan kitab suci Al-Quran dan Sunnah Rosulullah.

MENTORING
Berusaha menanamkan nilai-nilai Islam melalui bentuk pembinaan demi mewujudkan kampus madani. Bertugas mensukseskan keberjalanan mentoring di D3 Fakultas Teknik UNDIP.

KETAKMIRAN
Merupakan departemen yang bertugas untuk mengelola Mushola yang berada di lingkungan D3 Fakultas Teknik UNDIP. Berusaha selalu menciptakan suasana beribadah yang nyaman di Mushola Tarbawi, mushola D3 Fakultas Teknik UNDIP.

EKONOMI
Bertanggungjawab atas pemasukan tambahan dana di FKMI. Mencari sumber dana yang halal dan toyyib, khususnya yang bersifat periodik. Serta dapat membangun usaha mandiri yang halal dan toyyib.

ANNISA’
Sejarah telah membuktikan, muslimah memiliki peran sangat menentukan dalam membangun generasi dan peradaban maka departemen Annisa’ memegang peran khusus yaitu sebagai sarana optimalisai dan pemberdayaan peran muslimah khususnya di kampus D3 Teknik UNDIP.

LCT
Merupakan Biro Semi Otonom (BSO) dari FKMI yang bertugas untuk meningkatkan kualitas akademik dan riset mahasiswa D3 Fakultas Teknik UNDIP dengan proker-proker unggulannya.